Home / Investigasi / Nusantara / Opini / Pendidikan / Politik & Hukum

Jumat, 9 September 2022 - 10:41 WIB

Icon Wisata BCC Lutim Dirusak OTK

JURNAL NEWS, LUWU TIMUR – Salah satu icon wisata Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulawesi Selatan (Sulsel) Baruga Collaboration Center (BCC) yang terletak di Desa Baruga, Kecamatan Malili, dirusak oleh orang tak dikenal (OTK) pada salah satunya dinding yang terlihat bocor.

Untuk diketahui, BCC ini dibagun oleh PT. Vale Indonesia melalui program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur.

Melihat kejadian tersebut, pemerhati pembangunan Luwu Timur, Ullah menyebutkan bahwa BCC ini sudah kesekian kalianya dirusak oleh OTK.

“Sejak 2 hari yang lalu baru kami lihat BCC ini dirusak. Kemarin-kemarin kami dengan teman-teman sudah memperbaiki yang sudah di rusak, kini di rusak lagi bahkan lebih parah karena dinding dan bohlam lampu juga hilang,” ungkap Ullah merasa kesal, Jumat (9/9/2022).

Ullah berharap agar pemerintah dan kepolisian segera turun tangan untuk menindaklanjutik kejadian tersebut. Agar kejadian ini tidak terulang lagi.

Terpisah, Camat Malili Nasir Djuma, belum mengetahui kejadian tersebut. Namun katanya dia sudah agendakan untuk memanggil semua pihak, PT Vale Indonesia, BKAD, BUMDesma serta kepala desa Baruga untuk membahas tindak lanjut operasional BCC serta pemeliharaannya.

“Karena BBC itu dibangun PT Vale melalui dana PPM sehingga merupakan asset PT Vale melalui BUMDesma. Dan sampai hari ini belum maksimal operasional sehingga akan berpengaruh kepada pemeliharaan dan keamanan. Kalau sudah operasional maksimal Insya Allah akan sinergi dengan pemeliharaannya,” kata Camat saat dikonfirmasi. Jumat.

Lebih lanjut dikatakan Camat, terkait BBC pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kajari minggu lalu terkait solusin BCC ini.

“Arahan beliau (Kajari) juga sudah saya copy bagaimana langkah-langkah taktis yang harus dilakukan agar asset ini tidak mubasir, tapi dapat difungsikan kembali dan bermanfaat buat masyarakat,” terangnya. (ISK/FSL)

Berita ini 156 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Wakaf Modal Usaha Mikro Bebaskan Petani-Pedagang dari Himpitan Ekonomi⁣⁣

Investigasi

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ingin Nikah Tunda Dulu

Investigasi

Pembangunan Bendungan Pamukkulu Ditarget 2023 Selesai

Investigasi

Maklumat Kapolri Larangan Menyebarluaskan Konten FPI di Website-Medsos

Investigasi

Aspirasi HBK Dapat Respons Positif dari Masyarakat Pa’bundukang

Investigasi

Novel Baswedan Cs Resmi Dipecat KPK

Investigasi

Polsek Kualuh Hulu: Ingin Mudik? Silahkan Kendaraan Putar Balik

Investigasi

Kades Ganra Dapat Penghargaan Penyetor PBB-P2 Tepat Waktu