Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Minggu, 6 Maret 2022 - 01:46 WIB

Tiga Wartawan Juara Lomba Karya Jurnalistik BRI Liga 1

JURNAL NEWS, JAKARTA – PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) telah menggelar kompetisi karya jurnalistik BRI Liga 1 pada periode Februari-Maret 2022. Sejumlah tema soal Talenta Sepak Bola Nasional dan Kebangkitan UMKM menjadi kriteria yang dapat dipilih oleh para jurnalistik.

Dilansir dari iNews, dalam kompetisi itu dua wartawan MNC Portal Indonesia (MPI) menjadi pemenang dalam Lomba Karya Jurnalistik BRI Liga 1 dengan tema ‘Sepak Bola Bangkit, UMKM Bergerak’. Keduanya adalah Maruf dari Sportstars.id dan Yova Adiansyah dari Sindonews.com.

Maruf El Rumi dari Sportstars.id terpilih menjadi juara kedua dengan judul ‘Kompetisi BRI Liga 1 2021-2022, Mata Rantai Menggerakkan UMKM, Dari Hulu sampai Hilir’.

“Deadliest Duo” Jonathan Burkardt and Karim Onisiwo
Pada tulisannya, Maruf mengulas adanya efek nyata adanya gelaran Liga 1 2021-2022 bagi para pelaku UMKM. Hal itu tidak lepas dari fakta ruginya pendapatan UMKM saat sepak bola Indonesia vakum.

Mengutip pernyataan Kepala Kajian Iklim Usaha dan Rantai Nilai Global LPEM Universitas Indonesa, Mohamad Dian Revindo, kerugian akibat berhentinya kompetisi sepak bola Indonesia ditaksir mencapai angka tiga triliun rupiah, di mana di dalamnya melibatkan usaha mikro kecil dan menengah.

Lebih lanjut, Kompetisi BRI Liga 1 2021 2022 diakui oleh sejumlah pelaku UMKM berpengaruh pada penjualan jersey lokal, meski pembelinya masih segmented. Kendati tim-tim besar Liga 1 seperti Persija, Persib, Persebaya atau Arema yang masih banyak dicari konsumen, tapi sejumlah pedagang mengaku turut mendapatkan berkah dari kompetisi sepak bola tersebut.

Sementara itu juara ketiga Yova Adiansyah dari Sindonews.com, mengangkat tema lebih personal antara sepak bola dengan penggemarnya dalam tulisan ‘Kompetisi BRI Liga 1 2021-2022 bukan sekadar pemuas dahaga penggemar.’

Yova menggambarkan adanya fenomena menarik yang terjadi di musim ini ketika penggemar sepak bola di Tanah Air mendapat hiburan dengan penampilan talenta sepak bola di lapangan hijau.

Di tengah keterbatasan, klub peserta BRI Liga 1 2021-2022 berusaha untuk menampilkan talenta sepak bola. Ini sebagai wujud untuk mendukung sepak bola di Indonesia, yang tentunya akan berdampak pada prestasi Timnas Indonesia.

Selain kedua wartawan MPI tersebut, juara pertama diraih oleh wartawan Harian Kompas, Muhammad Iksan Mahar dengan judul ‘Sinar Terang Talenta Muda. Sejumlah talenta remaja menghadirkan decak kagum di BRI Liga 1 2021-2022’.

Ketiga pemenang tersebut berhak mendapatkan uang tabungan BRI senilai Rp15 juta (juara 1), Rp10 juta (juara 2), Rp5 juta (juara 3). Tulisan dari para jurnalis tersebut diharapkan dapat turut membantu persepakbolaan Indonesia untuk lebih baik lagi di masa depan. (TIM/RED)

Berita ini 74 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

BBM Naik Rakyat Tercekik, Warnai Aksi Mahasiswa di Palopo

Investigasi

Gelar Bimtek, PP-KAPI: Terima Kasih Pemkab Sinjai & Desa

Investigasi

Usai Deklarasi, AMJI-RI Akan Bentuk DPC di Setiap Daerah

Investigasi

AHY Buka Suara soal Moeldoko Diusung di Pilgub DKI

Investigasi

Wisuda Santri, Bupati Ajak Orangtua Ciptakan Generasi Qurani

Investigasi

Pelaku Bom di Makassar Pengantin Baru dan Tulis Surat Wasiat

Investigasi

Inspektorat, Kejari Telusuri Kasus Penyimpangan APBDes Tarabbi

Investigasi

Bawaslu Akan Gelar Lomba Video Pengawasan Partisipatif