Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Kamis, 24 Februari 2022 - 16:14 WIB

Asisten 1 dan Camat Galut Takalar Terima Kunjungan DPRD Sulsel

JURNAL NEWS, TAKALAR – Asisten 1 Pemerintahan daerah Kabupaten Takalar, Andi Rijal Mustamin, bersama Staf Ahli Bupati, Kabag Pemerintahan Setda dan Camat Galesong Utara, Amran Torada menerima kunjungan Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berlangsung di Aula Pertemuan Kantor Camat Galut, Kamis (24/2/2022).

Kunjungan kerja Komisi A DPRD Sulsel di Takalar beserta rombongan dalam rangka melakukan peninjauan penyelarasan batas kabupaten, antara kabupaten Takalar dan Gowa.

Asisten 1 Pemerintahan Kabupaten Takalar, Andi Rijal Mustamin yang memimpin rapat menyampaikan selamat datang kepada seluruh rombongan Anggota DPRD Komisi A dari Provinsi Sulsel di Takalar, utusan dari pemerintahan Kabupaten Gowa dan Camat dan para Kepala Desa yang bersentuhan langsung dengan batas kabupaten yang akan ditinjau.

“Batas antara kabupaten Takalar dan kabupaten Gowa sampai saat ini belum memilki payung hukum dari kementerian dalam negeri meski demikian wilayah batas kabupaten Takalar dan Gowa tetap berjalan dengan baik tidak ada persoalan maupun masalah yang muncul kepermukaan selama ini,” terang mantan Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Takalar itu.

Sementara Camat Galesong Utara Amran Torada dalam sambutannya mengucapkan terima kasih telah berkunjung ke Takalar khususnya di wilayah kecamatan Galesong Utara.

“Kami tentunya siap menerima kunjungan para anggota DPRD dari Komisi A Sulsel berserta rombongan tentunya dengan harapan kegiatan Kunjungan ini punya tindak lanjut dan output yang bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat Takalar khususnya diwilayah kecamatan Galesong Utara,” jelasnya.

Amran mengatakan dalam data penduduk  di wilayah kecamatan Galesong Utara ada 41. 111 ribu penduduk dengan 9 Desa dan 1 Kelurahan dari sebahagian itu memang ada beberapa Desa dan kelurahan di Galesong Utara yang berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten Gowa.

“Diantaranya, Desa Bontokadopepe yang diapit dengan batas kecamatan Pallangga kabupaten Gowa, Desa Pakkabba, kelurahan Bontolebang dengan kecamatan Barombong, Bontosunggu dan Desa Tamasaju itu berbatasan dengan Kabupaten Gowa,” kata Amran.

Mantan Camat Galesong selatan ini mengungkapkan bahwa selama ini tidak pernah ada perselisihan antara desa karena mereka paham yang menjadi batas antara pallangga dengan Galesong Utara baik barombong dengan Aeng Towa hanya berdasarkan batas alam.

“Yang kami pahami mereka tetap kompak tidak pernah dari Desa Pakkabba mengklaim sampai disana tanahnya bahwa itu wilayah kami begitupun sebaliknya masyarakat yang dari pallangga tidak pernah juga datang ke galesong Utara untuk mengklaim,” sambung Amran.

Lebih lanjut dikatakan Amran bahwa apa yang menyebabkan itu semua bahwa kami tidak pernah ada konflik dengan daerah tetangga di kabupaten Gowa, karena hubungan silaturahmi antara Pallangga dengan Galesong Utara itu erat hubungan kekeluargaannya.

“Kami sangat berharap pada pihak Anggota DPRD Provinsi Sulsel Komisi A untuk bisa menjembatani kami terkait penentuan batas-batas antara kabupaten Takalar dan Gowa agar lebih jelas dan memiliki regulasi dan aturan permendagri, karena tidak menutup kemungkinan kedepannya terjadi hal-hal yang berimplikasi adanya konflik,” jelas Amran.

Sementara Wakil ketua Komisi A DPRD provinsi Sulsel Syamsuddin Karlos lebih awal mengatakan terima kasih atas penerimaan kunjungan ini ke wilayah Galesong Utara.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas penerimaan Kunjungan kami,” kata Syamsuddin.

Ia mengatakan kunjungan kami kesini untuk melihat langsung dan mendengar suara dari pihak pemerintah kabupaten Takalar bahwa memang selama ini tidak ada masalah terkait perosalan wilayah perbatasan antara kabupaten Takalar dan Gowa,” kata Syamsuddin.

Syamsuddin yang juga wakil ketua Komisi A DPRD Sulsel merespons baik segala masukan dan aspirasi yang di sampaikan untuk dibahas ketingkat selanjutnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Wakil ketua dan beberapa Anggota DPRD Komisi A, Asisten 1 pemerintahan Takalar, Staf Ahli Bupati, Kabag pemerintahan Setda Takalar, Camat Galesong Utara, Wakapolsek Galut, Kabag Pemerintahan Setda Gowa, Camat Barombong, para kades yang berbatasan Gowa dan Takalar, dan tamu undangan. (HSN)

Berita ini 77 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Bansos Dicincang Mensos Jadi Moncos

Investigasi

Pasca Penetapan Paslon, KPU Labuhanbatu Belum Tetapkan Zona Kampanye

Investigasi

Posting Gaji Rp700 Ribu, Guru Honorer Dipecat

Investigasi

Aniaya Kakak Kandung, US Ditangkap Polisi Kualuh Hilir

Investigasi

Usulan PKB Duetkan Cak Imin-AHY di Pilpres

Investigasi

Penembakan Wartawan, Kapolda Sumut: Sudah Ada Diamankan

Investigasi

AMJI-RI Sinjai Dukung Program Pemkab Pro Rakyat

Investigasi

Polisi Minta Segera Lapor Jika Ada Penyimpangan Penyaluran Bansos