Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Jumat, 30 Juli 2021 - 21:55 WIB

MK Nyatakan Denny Kalah di Pilkada Kalsel

JURNAL NEWS, JAKARTA – Permohonan calon Gubernur Kalimantan Selatan Denny Indrayana dalam sengketa hasil Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Pilkada Kalsel) tahun 2020, tidak diterima oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

MK menyatakan Denny tidak punya kedudukan hukum dalam perkara tersebut. Dengan begitu, berbagai tuntutan yang dilayangkan pun tidak diterima majelis hakim.

“Menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” kata Ketua Majelis Hakim Anwar Usman dalam persidangan yang digelar daring di kanal Youtube Mahkamah Konstitusi RI, Jumat (30/7/2021).

MK menyatakan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 37/PL.02.6-kpt/63/prov/VI/2021. Keputusan itu mengesahkan hasil rekapitulasi suara Pilgub Kalimantan Selatan pascaputusan MK.

Dengan begitu, pasangan petahana Sahbirin Noor-Muhidin memenangkan Pilgub Kalimantan Selatan dengan 871.134 suara. Adapun Denny-Difri harus menerima kekalahan setelah meraih 831.178 suara.

“Memerintahkan Termohon untuk menetapkan pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020,” ucap Anwar.

Sebelumnya, KPU menyatakan Pilgub Kalimantan Selatan dimenangkan oleh petahana Sahbirin-Muhidin. Namun, penantang Denny-Difri tak puas dengan hasil Pilkada dan melayangkan gugatan ke MK.

MK menetapkan ada sejumlah pelanggaran dalam Pilgub Kalimantan Selatan. MK pun memerintahkan pemungutan suara ulang di sejumlah daerah. Pemilihan itu digelar pada 9 Juni.

Denny-Difri hanya mampu memperoleh 57.100 suara dalam pemungutan suara ulang itu. Sementara itu, petahana mampu mengamankan 119.307 suara. (IDR/TIM)

Berita ini 24 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Bhabinkamtibmas Sanrobone Rutin Sambang ke Warga

Investigasi

Ketua GTP Covid-19 Umumkan Dua Dokter di Kota Yogyakarta Positif Corona

Investigasi

PP GEMEI Desak Mendagri dan KPU Tunda Pilkada 2020

Investigasi

Redam Krisis Pangan, ACT MRI Soppeng Buka Donasi OPG

Investigasi

Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 13 April

Investigasi

Jelang Nataru, Polda Sumut Kirim 200 Personil ke Polda Metro Jaya

Investigasi

Bripka Didik Irawan Jadi Inisiator Pembangunan Masjid

Investigasi

Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung dan Paskah Minggu Ditiadakan di Gereja, Ini Pendapat Pengetua Agama Kristen