Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Senin, 26 Juli 2021 - 15:33 WIB

KPK: Jurnalis Penting Perangi Korupsi, AMJI-RI Sambut Baik

JURNAL NEWS, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengundang jurnalis dan jurnalis warga untuk mengikuti Akademi Jurnalis Lawan Korupsi (AJLK) 2021.

Sebelumnya, KPK sudah melahirkan 35 alumni AJLK tahun 2020.

Pembukaan pendaftaran AJLK 2021 ini ditandai dengan serial diskusi media bertajuk Penertiban dan Optimalisasi Aset Negara Melalui Strategi Pencegahan dan Penindakan Korupsi pada Kamis (22/7/2021).

Dalam diskusi yang dilaksanakan secara daring dan bisa disaksikan lewat Youtube resmi KPK, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan bahwa KPK tidak bisa bekerja sendirian dalam memberantas korupsi. KPK harus merangkul semua pihak termasuk para jurnalis yang memiliki peran penting.

“Jurnalis menjadi penting ambil peran dalam pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Terlebih, lanjutnya, dalam era post-truth seperti saat ini. Menurutnya, era ini terjadi karena semua orang dapat menjadi jurnalis. Bahkan ada media yang lebih mementingkan rating dibanding fakta.

“Saat ini ketika sudah dunia mengalami perubahan memasuki era post truth, era kebenaran yang tidak lagi didasarkan pada kebenaran yang objektif, tapi di dasarkan banyak-banyaknya klik,” tutur Ghufron.

Karena hal itu, ia berharap kegiatan AJLK dapat menjadi sarana untuk merangkul para jurnalis agar tetap menyampaikan kebenaran yang objektif dan ikut memiliki peran dan tanggung jawab dalam pemberantasan korupsi.

“AJLK didedikasikan untuk menjadi sarana. Anda (jurnalis) juga punya tanggung jawab untuk mencegah korupsi,” kata Ghufron.

Selain Ghufron, diskusi itu juga turut mengundang narasumber lainnya, seperti Plt. Direktur Labuksi KPK Mungki Hadipratikto, Kepala Satuan Tugas Koordinasi & Supervisi Wilayah II Dwi Aprilia Linda, Walikota Samarinda Andi Harun dan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar Nurdin Amir.

Serial diskusi media dalam rangka road to AJLK 2021 akan diselenggarakan secara berkala hingga bulan Agustus 2021 yaitu bertepatan dengan ditutupnya pendaftaran AJLK 2021.

Melalui pelaksanaan serial diskusi media ini, KPK berharap semakin banyak jurnalis, jurnalis warga dan masyarakat yang tertarik mengikuti Akademi Jurnalis Lawan Korupsi 2021.

Untuk informasi lebih lanjut dan mengetahui cara mendaftar Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2021, publik bisa mengakses tautan https://www.kpk.go.id/ajlk-2021.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (AMJI-RI) Arham MS sangat mendorong kepada para jurnalis untuk mengikuti pendidikan tersebut.

“Ini sangat bagus, setidaknya jurnalis harus berdiri di depan untuk membantu aparat dalam memerangi tindak korupsi,” ucapnya, Senin (26/7). (FSL/RED)

Berita ini 36 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Mudassir – Aksah Tampil Sangat “MACCA” di Debat Publik Pilkada Barru

Investigasi

Polisi Akan Tindak Pelaku Takbir Keliling di Surabaya

Investigasi

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ingin Nikah Tunda Dulu

Investigasi

Waka Polsek Medan Helvetia Beri Surprise Kepada Deninteldam 1 BB

Investigasi

Golkar Labuhanbatu Umumkan Andi Suhaimi Bupati dan Faizal Amri Wabup

Investigasi

Kontraktor Asal Soppeng Beri Bantuan Rp 1 Miliar ke Nurdin Abdullah

Investigasi

Jangan Hanya Pengumuman, Mulyadi Minta Pemerintah Tegas Menangani Corona

Investigasi

Satgas Pamtas Yonif Raider 100 PS Gelar Sweeping