Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Senin, 10 Mei 2021 - 23:46 WIB

Jelang Idul Fitri, Wakapolda Sumut Pimpin Zoom Meeting

JURNAL NEWS, MEDAN – Menghadapi hari raya Idul Fithri 1442 H ditengah pandemi Covid19, Wakapolda Sumatera Utara, Brigjen Pol Dadang Hartanto memimpin zoom meeting, di Aula Catur Prasetya Mapolda Sumatera Utara, Senin (10/5/2021).

Turut hadir dalam kegiatan, Dir Binmas Polda Sumut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Syahrul Wirda, Ketua MUI Prov Sumut, Ketua DMI Sumut, serta para Kapolres jajaran Polda Sumut, para Kakan Kemenag dan MUI Kab/Kota, para perwira Dit Binmas Polda Sumut.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Sumut mengatakan, kegiatan zoom meeting ini sangat perlu dilaksanakan. Karena meningkatnya kasus Covid-19, apalagi di prediksi momen hari raya Idul Fitri 1442 H bila tidak ditangani secara bersungguh sunguh akan terjadi peningkatan kasus Covid 19 dan kasus kematian.

Hal ini katanya, tentu perlu pengaturan kegiatan-kegiatan pada saat salat Idul Fitri, berdasarkan zona sesuai instruksi Mendagri nomor 3/2021 tentang pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Bagaimana cara kita menindak lanjuti agar tidak menimbulkan klaster-klaster baru pada momen hari raya idul fitri 1442 H ini. Kepada masing-masing kepala wilayah, wilayah agar mengetahui zona wilayahnya masing-masing,” ucap Wakapolda.

Dir Binmas Polda Sumut, Sofyan Hidayat juga menyampaikan bahwa Polri sudah melaksanakan tugas- tugas pre-emtif dalam melaksanakan sosialisasi tentang pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19.

Terkait pembayaran zakat fitrah, Dir Binms Polda Sumut meminta jangan ada pengumpulan massa. Lebih baik pengumpulan zakat dapat dilakukan dengan penjemputan dari rumah ke rumah untuk menghindari penularan Covid-19.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Syahrul Wirda, menuturkan jajaran Kamenag akan menyampaikan kembali tentang menyampaikan/sosialisasi prokes Covid-19 di setiap masjid untuk saf diluruskan bukan dirapatkan.

“Kami juga telah memberikan himbauan dari Menteri Agama dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri sampai dengan kecamatan maupun desa. Himbauan melalui surat edaran juga sudah disampaikan kepada toga/tomas dan masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, bagi zona merah dan orange salat Ied dilarang di lapangan maupun masjid. Melainkan dilaksanakan di rumah saja. Sedangkan zona kuning dan hijau boleh menggelar sholat Ied dengan mempedomani prokes Covid-19.

Sedangkan Ketua MUI Sumut, Maratua Simanjuntak menyampaikan, bahwa telah disosialisasikan edaran Menteri agama Nomor 3, 4,vdan 7 tahun 2021 tentang takbiran tidak dilakukan dilapangan, namun di masjid boleh sampai batas pukul 10.00 WIB. (YAS)

Berita ini 57 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Akses Buka-Tutup, Hari Ini PSBB di Gowa Diterapkan

Investigasi

LHI Minta Atensi KPK soal Kasus Pasar Cabbeng

Investigasi

Operasi Yustisi, Satgas Covid Soppeng Dapati Pengunjung Main Joker

Investigasi

Antusias Warga Desa Cikoang Ikuti Vaksinasi

Investigasi

LH Disebut dalam Dugaan Pengguna Suket Covid Palsu

Investigasi

Insentif Nakes Covid di Soppeng Belum Dibayar

Investigasi

KPK Lelang Harta Rampasan ‘Orang Kepercayaan’ Bupati Labuhanbatu

Investigasi

Fatwa MUI: Cegah Corona, Shalat Idul Fitri di Rumah