Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Senin, 3 Mei 2021 - 19:25 WIB

Warga Pertanyakan Jembatan Sumpangsaloe Rusak Imbas Pengerukan

JURNAL NEWS, SOPPENG –  Warga mempertanyakan akses jembatan yang merupakan penghubung yang dilalui masyarakat di Sumpangsaloe, Kelurahan Pajalesang, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pasalnya jembatan tersebut runtuh dan mengalami kerusakan sekitar empat bulan lalu akibat normalisasi/pengerukan.

Salah seorang warga setempat berinisial ML atau akrab disapa Oga mengatakan bahwa jembatan itu runtuh akibat pekerjaan normalisasi atau pengerukan tanah dan katanya untuk pengaliran air.

“Seharusnya sebelum pengerukan atau normalisasi diantisipasi dahulu akibatnya. Kami mengakui ini swadaya masyarakat namun pihak kontraktor seakan acuh dan tidak memikirkan dampak buruk yang bakal terjadi sebelum memulai kegiatan itu,” ungkapnya kepada jurnalnews.net, Senin (3/5/2021).

Disamping itu, Oga bercerita, katanya dulu sempat didatangi salah seorang Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, inisial SH untuk melakukan kesepakatan antara warga dengan dia (anggota DPRD) untuk penambahan lokasi normalisasi.

 

“Beliau (SH-red) datang kerumah dan meminta untuk penambahan volume normalisasi, sontak saya menyetujui kesepakatan itu. Dia menjanjikan 500 meter, alhasil sampai sekarang tidak terbukti ucapannya itu,” bebernya.

Dulu, lanjut Oga, jalan ini bisa dilalui mobil, namun sekarang sudah tidak bisa lagi.

“Kalau sekarang sudah tidak bisa lagi dilalui oleh mobil dan hanya bisa motor,” ujarnya.

Pantauan jurnalnews.net saat dilokasi, saat ini jembatan itu memakai plat besi. Dan pondasi pun sudah terlihat hancur akibat gerusan aliran air, ditambah dengan bibir tanah juga sudah melebar akibat tak ada penahan pada bagian bawah.

Namun berdasarkan informasi yang didapat dari sumber, bahwa anggaran normalisasi tersebut di kawal oleh Anggota DPRD Sulsel, inisial SH. (FSL)

Berita ini 87 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Anggota Reskrim Polsek Kualuh Hulu Ditembak Penjahat Jalanan

Investigasi

BNN Temukan 49,8 Kg Sabu dalam Truk Kelapa

Investigasi

Info Corona 30 Maret: 1.414 Kasus, 75 Sembuh, 122 Meninggal

Investigasi

Jalin Sinergitas, DPC AJOI Makassar Bertandang ke Polres Pelabuhan

Investigasi

Pilkada 2020, Demokrat Sulsel Usung Suardi Saleh dan Kaswadi Razak

Investigasi

60 Personil Polres Labuhanbatu di Test Swab

Investigasi

Demam-Batuk, Personel Polda Sumut Meninggal, Istri Positif Corona

Investigasi

Polsekta Medan Baru Peduli dan Berprestasi