Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Senin, 3 Mei 2021 - 21:42 WIB

Minta THR ke Pengusaha, Lurah di Jombang Dicopot

Ilustrasi minta THR

Ilustrasi minta THR

JURNAL NEWS, JAKARTA – Usai mengeluarkan  surat meminta Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pengusaha dan pemilik toko, akhirnya Lurah Jombatan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang Jawa Timur, Kislan, dicopot dari jabatannya.

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengatakan, pencopotan Kislan sebagai lurah di Jombatan karena ulahnya dinilai tidak sesuai sumpah jabatan. Ia digantikan Indra Pratama, pegawai yang sebelumnya bertugas di Sekretariat Pemerintah Kabupaten Jombang.

“Dengan pertimbangan-pertimbangan yang telah dilaksanakan adalah tidak sesuai dengan sumpah jabatannya. Maka hari ini dilakukan pergantian lurah yang baru,” ujar Mundjidah seperti dikutip dari siaran CNN Indonesia TV, Senin (3/5/2021).

Kislan yang meminta THR ke pengusaha dan pemilik toko mendadak viral di media sosial sebelumnya. Dalam surat yang ia keluarkan, THR tersebut rencananya akan diberikan kepada 16 pegawai kelurahan, termasuk dirinya.

Selain Kislan, pencopotan lurah akibat pungli juga terjadi di sejumlah wilayah.

Di antaranya termasuk anak dan mantu Presiden Joko Widodo di Solo dan Medan yang kompak mencopot lurah di wilayahnya karena ketahuan meminta pungli.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mencopot Lurah Gajahan, Suparno lantaran terlibat pungli berkedok sedekah dan zakat fitrah di wilayahnya. Gibran menerima laporan dari warga Gajahan terkait pungli berupa sedekah dan zakat fitrah oleh Linmas Kelurahan Gajahan.

Sementara di Medan, Bobby Nasution mencopot Lurah Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan, Hermanto. Bobby yang mengantongi bukti rekaman dugaan permintaan uang tersebut langsung mendatangi dan menunjukkannya kepada Hermanto.

“Ini luar biasa loh ini, ini. Lurahnya menyatakan langsung enggak minta (uang), tapi ternyata minta. Itu mana boleh kita sebagai pelayan. Sudah jelas semua ada peraturannya,” kata Bobby, Jumat (23/4). (IDR/TIM)

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

New Normal, TNI-Polri Bakal Berjaga di Tempat Umum

Investigasi

Waka Polres Labuhanbatu Minta Anggota Hati-hati Gunakan Senjata

Investigasi

Ombudsman Dorong Laporkan Instansi Penunggak Gaji

Investigasi

Peringati HUT Satpol PP dan Sat-Linmas Kota Makassar

Investigasi

Poster Dukungan Capres Puan-Moeldoko Beredar di Medsos

Investigasi

Sinergitas TNI-Polri Bantu Korban Kebakaran di Tanjung Ledong

Investigasi

Pangdam I/BB Kunker ke Yonif Raider 100/Prajurit Setia

Investigasi

Pimpinan BNI Rantauprapat Terkonfirmasi Covid-19