Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Jumat, 23 April 2021 - 18:00 WIB

Nakes di Takalar Layani Penderita Tumor di Rumah

JURNAL NEWS, TAKALAR – Tenaga medis (nakes) dari Puskesmas Polut memberikan perawatan terhadap pasien Zulkarnawang (8), penderita Hidrochepalus Obstruktif, di Dusun Parang Bianara, Desa Parangbaddo, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Selain perawatan medis, Home Care bersama Kepala Puskesmas Polut, Kepala Desa Parangbaddo dan Bhabinkamtibmas memberi bantuan berupa beras, telur dan uang tunai untuk meringankan beban kedua orangtuanya Zulkarnawang.

Dari hasil kunjungan Tim Home Care ditemukan beberapa luka dekubitus dipangkal paha pasien karena pasien mengalami bedrest total (koma).

Diketahui, keluarga sudah pasrah dan sudah tidak sanggup untuk membiayai pengobatan pasien karena faktor ekonomi dan BPJS yang nonaktif dan menunggak.

Saat itu, kepala puskesmas Polut memberikan penjelasan agar tidak membiarkan pasien untuk tinggal di rumah. Akhirnya Kepala Desa Parangbaddo menyelesaikan tunggakan BPJS pasien sebesar Rp 422.000, kemudian pasien dirujuk ke rumah sakit di Makassar.

Untuk diketahui, Zulkarnawang di rawat pada 26 November 2020 yang lalu di RS Wahidin Sudirohusodo. Lalu pasien pulang dengan terpaksa karena terkonfirmasi positif Covid-19, dengan alasan orang tuanya takut anaknya meninggal dan pihak keluarga tidak bisa mengambil pulang jenazahnya.

Berdasarkan pemeriksaan RS Wahidin Sudirohusodo, Zulkarnawang terdiagnosa tumor fossa post susp modullablastoma.

Namun petugas pustu Parangbaddo memotivasi keluarga pasien untuk di bawah ke RS.Takalar, tetapi pihak keluarga belum memberikan respon.

Saat ini pasien kembali menjalani perawatan di RS. Labuang Baji untuk dilakukan tindakan. (HSN)

Berita ini 58 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

KPK Geledah 3 Kantor soal Kasus Jual Beli Jabatan Kades

Investigasi

Desa Pising Soppeng Serahkan BLT Tahap III

Investigasi

Ciptakan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Laguruda DDS

Investigasi

Polsek Bilah Hilir Tangkap Dua Pengguna Sabu, 1 Lolos

Investigasi

ACT MRI Maluku Salurkan 1.200 Paket Ifthar Gratis

Investigasi

Kadis PTSP Takalar Resmi Buka Diklat 3 in 1

Investigasi

Akses Buka-Tutup, Hari Ini PSBB di Gowa Diterapkan

Investigasi

Hisap Sabu, Warga Kampung Rakyat Diciduk Polisi