Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Kamis, 3 Desember 2020 - 10:20 WIB

Wisata Pantai Topejawa Takalar Diduga Langgar Izin Lingkungan

JURNAL NEWS, TAKALAR – PT. Boddia Jaya atau pihak pengelola usaha pembangunan wisata Pantai Topejawa yang terletak di Desa Topejawa, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, diduga langgar izin lingkungan.

Pasalnya, dilihat nampak pembangunan yang semakin tahun ada peningkatan, bahkan penambahan beberapa kamar, dan luas lahan bangunan semakin memperlebar yang terkesan bangunannya seperti Hotel bukan penginapan.

Namun, menurut keterangan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan kabupaten Takalar bahwa pihak pengelola usaha wisata PT. Boddia Jaya tak pernah melaporkan kegiatan selama ini jika memang ada perubahan dari izin yang keluar sebelumnya.

Sejumlah rombongan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan Takalar yang dipimpin Kepala Bidang Lingkungan Hidup Waris Jaya bersama Kepala Seksi dan Stafnya terlihat menyambangi pihak pengelola usaha Wisata PT. Boddia Jaya, Selasa (1/12).

Kepala Bidang Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Takalar, Waris Jaya membeberkan dari hasil pertemuan antara pengelola wisata Topejawa. Menurutnya, dokumen lingkungan milik PT.Boddia Jaya, yang diperlihatkan ada dua dokumen lingkungan, terakhir terbit ditahun 2018.

” Ini sementara kita kaji dokumen lingkungan kesesuaian penambahan pembangunan dilapangan. Karena, dokumen lingkungan terbagi 3 tingkatan, yakni SPPL, UKL-UPL, AMDAL, Urai Waris,” ucapnya.

Selain itu, dikatakan Waris bahwa, ketika hasil kajian nantinya ada ketidaksesuaian penambahan bangunan dilapangan dengan dokumen lingkungan yang diperlihatkan, maka DLHP meminta ke Dinas PTSP untuk mengevaluasi kembali dan mencabut izin lingkungannya.

Sementara itu, pihak pengelola usaha wisata Pantai Topejawa, H. Lapang yang dikonfirmasi via WhatsApp belum ada tanggapan, hingga berita ini diturunkan. (HSN)

Berita ini 171 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Serahkan LPSDK Paslon: Petahana Rp83 Juta, Erik – Ellya Rp1,1 Miliar

Investigasi

Komunitas Sosial Senyum Sahabat Sambangi Dua Warga Tak Mampu

Investigasi

Ditengah Penolakan Buruh, Presiden Teken UU Ciptaker

Investigasi

Gelar Muscab, DPC AJOI Pinrang Resmi Hasilkan KSB

Investigasi

Polsek Mappakasunggu Kawal Vaksin Covid ke Puskesmas

Investigasi

Pelaku Bom di Makassar Pengantin Baru dan Tulis Surat Wasiat

Investigasi

Kedapatan Isap Sabu, Polisi di Salatiga Ditangkap

Investigasi

PDIP Usung Gibran di Pilwakot Solo, Purnomo Tepis Dapat Tawaran dari Presiden