Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Senin, 9 November 2020 - 18:01 WIB

Pemerhati: Debat Pilkada Labuhanbatu Kental Berbeda Pemahaman

JURNAL NEWS, LABUHANBATU – Lima pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, Sumatera Utara, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Senin (9/11/2020) siang, saling beradu gagasan dan ide dalam rencana mereka memajukan Kabupaten Labuhanbatu lima tahun kedepan.

Tidak cuma itu, kelima paslon ini pun saling lempar pertanyaan satu sama lain, dalam menguji ketajamannya membangun tanah Ika Bina En Pabolo ini.

Kelima paslon tersebut, yakni nomor urut 1, dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD dan Idlinsyah Harahap ST MM, diusung Gerindra dan Perindo dengan alokasi 10 kursi di dewan, pasangan nomor urut 2, dr Erik Adtrada Ritonga MM dan Ellya Rosa Siregar MPd, diusung Hanura, Nasdem, PDIP dan PKB dengan jumlah 14 kursi di legislatif.

Kemudian pasangan nomor urut 3, Andi Suhaimi ST MT dan Faizal Amri Siregar ST MM, diusung Golkar dengan 10 kursi dewan, pasangan nomor urut 4, drs Abdul Roni Harahap dan Ahmad Jais Rambe SE diusung PAN, PPP dan PBB dengan jumlah 10 kursi di DPRD, serta nomor urut 5, Suhari Pane SIP dan  Irwan Indra STP MM, dari jalur perseorangan dengan dukungan 27.841 dukungan masyarakat.

Menanggapi debat publik kandidat paslon bupati dan wakil bupati ini, mendapat komentar dari salah seorang pemerhati sosial, Iswan Kaputra, MSi.

Kepada jurnalnews.net, Pendiri Utama Forum Masyarakat Labuhanbatu (FORMAL) dan pegiat sosial dan pemberdaya masyarakat pedesaan pada BITRA Indonesia, ini berkomentar, dari 5 paslon yang mengikuti debat kandidat publik ini terasa kental sekali perbedaan pandangan, pemikiran dan pemahaman antara pasangat berusia tua (lanjut) dan pasangan muda.

“Paslon berusia muda terlihat lebih dinamis dan visioner terhadap kemajuan teknologi dan perkembangan zaman,” kata Iswan Kaputra.

Dia memberikan contoh, saat pasangan nomor 5, Suhari – Irwan Indra menanyakan soal industri 4.0, kaitannya dengan tenaga kerja di Labuhanbatu dan pembangunan bandara yang direncanakan. Katanya, terlihat jelas, para paslon berusia lanjut menjawab dengan jawaban yang cukup ngelantur. Bahkan lanjutnya, hampir semua paslon menjawab kurang tepat.

Ini membuktikan pasangan nomor 5 cukup mengikuti perkembangan zaman. Sehingga dapat menjawab tantangan-tantangan berkaitan dengan revolusi IT dan Industri 4.0, yang akan melibas tenaga kerja. Untuk itu, peningkatan kapasitas pemahaman dan keterampilan terhadap IT dan Industri 4.0 juga faham kewirausahaan untuk mengatasi disrupsi IT harus dikuatkan.

Menurut Iswan Kaputra, debat putaran pertama paslon untuk Pilkada Labuhanbatu hari ini, sangat penting untuk rakyat Labuhanbatu,  mengetahui dan menilai paslon yang akan dipilihnya.

Iswan Kaputra menilai, tidak ada satu kandidat pun yang konsern terhadap pembangunan berbasis komoditi lokal di desa. Para kandidat hanya menyebut-nyebut wilayah teritori, seperti dataran tinggi dan pesisir.

“Ini memunjukkan para kandidat hanya berorientasi pada perolehan suara. Desa yang kini berhak menentukan arah pembangunannya secara mandiri dengan UU Desa (No 6 tahun 2014), disertai dengan aliran uang (dana desa) yang tersedia, dapat menjadi kunci utama pembangunan kabupaten berbasis desa,” imbuhnya.

Dia juga menyebutkan, kondisinya saat ini, desa cenderung lemah dalam ide, gagasan dan SDM, untuk memaksimalkan DD yang tersedia menjadi kekuatan (modal transformasi sosial), untuk merubah desa kearah yang lebih baik, mandiri dan bahkan makmur. Komoditas unggulan lokal di desa dapat dikelola dengan membangun infrastruktur jejaring ekonomi antar desa hingga ke kabupaten. Berorientasi pada pasar internasional bahkan menciptakan dan memasarkan sendiri produk jadi yang berasal dari komoditas lokal di Labuhanbatu. (YAS)

Berita ini 853 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

KPK Tetapkan Penyidik, Walkot dan Pengacara Tersangka Suap

Investigasi

Bhabinkamtibmas Kampung Bilah Pastikan Semua Warga Dapat Bansos

Investigasi

Selama Dua Hari, Ratusan Warga Enam Desa di Labusel Terima BST Tahap II

Investigasi

Edarkan Sabu, Polsek Panai Tengah Tangkap Pemuda Desa

Investigasi

AS Akan Dilantik Jadi Gubernur, AMJI-RI Minta Sulsel Bebas Korupsi

Investigasi

Diduga Terpapar Covid19, Kantor Dukcapil Labuhanbatu Tutup Sementara

Investigasi

Polsek Kualuh Hulu: Ingin Mudik? Silahkan Kendaraan Putar Balik

Investigasi

KPU Andalkan Janji Presiden soal Anggaran Pemilu Rp5 Triliun Belum Cair