Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Kamis, 22 Oktober 2020 - 19:00 WIB

Hari Santri Nasional, Pesantren di Lutim dapat Bantuan Beras Gratis

JURNAL NEWS, MAKASSAR – Santri adalah generasi penerus bangsa yang tidak hanya agamis tetapi berkarakter kebangsaan yang kuat. Dedikasi santri terhadap Bangsa Indonesia sudah tak diragukan lagi sejak jaman penjajahan hingga kini.

Tepat pada hari Kamis (22/10/2020) ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Santri Nasional. Santri sebagai salah satu pilar dalam membangun karakter kebangsaan sudah seharusnya mendapatkan perhatian khusus. Kepedulian terhadap santri sudah sejak lama digaungkan oleh Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui beragam program kemanusiaan untuk membantu pesantren juga santri prasejahtera di berbagai wilayah Nusantara.

Kali ini melalui progam Beras untuk Santri Indonesia (BERISI) yang diinisiasi oleh Global Wakaf – ACT, sebuah Pesantren Madinah Al-Munawwarah yang berlokasi di Jalan Rante Mario, Kelurahan Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan mendapatkan bantuan 120 kg beras berkat kedermawanan bangsa Indonesia melalui Global Wakaf – ACT.

Sebanyak 103 santri kurang mampu menempuh pendidikan ilmu agama di pesantren ini. Bangunan pesantren yang berdiri diatas tanah wakaf dan resmi digunakan sejak 2019, dimana pesantren tersebut dapat diwujudkan berkat keputusan masyarakat sekitar yang bertekad mengubah fungsi bangunan bekas sekolah menjadi pesantren setelah 13 tahun lamanya tak ditempati.

Melalui jaringan kerelawanan ACT yaitu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Koordinator Luwu Timur, pendistribusian beras tersebut bisa terlaksana dengan sukses.

Koordinator Implementasi Program BERISI (Beras Untuk Santri) Global Wakaf – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan, Cahyo menyampaikan bentuk rasa syukurnya saat melakukan aksi berbagi ini.

“Alhamdulillah menjadi suatu kebanggan bagi kami dalam Rangka memperingati hari santri Nasional, Seluruh relawan MRI Kabupaten Luwu Timur sangat senang bisa berbagi kepada santriwan-santriwati yang saat ini mondok di salah satu pondok pesantren yang ada di Luwu Timur,” ungkapnya.

Harapan dengan adanya bantuan ini dapat menambah semangat juang para santri yang mondok dengan memberikan beras terbaik sehingga menjadi asupan sumber energi yang positif bagi mereka selama mempelajari ilmu agama di pesantren.

Fokus utama dari program BERISI ini adalah menyasar pesantren yang dinilai belum berdaya dalam pemenuhan pangannya dan tergolong pra sejahtera, dimana program ini sudah berjalan sejak 2019 lalu dan telah dirasakan manfaatnya di berbagai wilayah Nusantara.

Bagi sahabat dermawan yang ingin berpartisipasi dalam gerakan kebaikan ini, dapat menyalurkan bantuannya melalui rekening atas nama Global Wakaf ke Bank Mandiri # 127 000 798 7843 atau BNI Syariah # 66 0000 837 dengan melampirkan bukti transfer via whatsapp ke nomor 0821 9224 1414 atau datang langsung ke kantor ACT Sulsel yang berlokasi di Jl. Sultan Alauddin Plaza Ruko BB No.11 Kota Makassar, Untuk informasi dapat menghubungi 0411 898 6113 / 0821 9224 1414 atau follow akun Instagram @act_sulsel untuk mendapatkan update informasi tentang dunia kemanusiaan lainnya. (FSL/TIM)

Berita ini 71 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Labuhanbatu Tuan Rumah Kunjungan Tim Was Itwasum Polri

Investigasi

Serikat Buruh Kecewa ke Anies Baswedan soal UMP

Investigasi

Puting Beliung Hancurkan Rumah Warga, Pemkab Takalar Diterjunkan

Nusantara

Hujan Deras Mengguyur Kota Medan sejak Pagi

Investigasi

Viral! Kawin Boleh Hamil Jangan, Bapak-bapak Tahan Dulu

Investigasi

Batalkan Proyek Gorden Rumah Dinas DPR

Investigasi

AMJI-RI Berkibar di Bumi Panrita Kitta

Investigasi

178 Kepala Daerah Bakal Dilantik 26 Februari