Home / Investigasi / Nusantara / Opini / Pendidikan / Politik & Hukum

Sabtu, 3 Oktober 2020 - 23:02 WIB

Era Milenial, Bijaklah Berekspresi di Media Sosial

Oleh: Ameera Noor Aisha

 

JURNAL NEWS, – Smart phone adalah media pendukung yang sangat diminati di era digital saat ini. Seperti saat ini, kita di tuntun untuk menggunakan smart phone agar mudah mengakses global. Mulai dari anak-anak sampai dewasa menggunakan ponsel pintar sebagai media untuk mengakses internet, apalagi sejak adanya wabah virus covid-19 ini memaksa semua kalangan untuk berdiam diri di rumah dan membatasi ruang gerak hingga menjaga jarak antar manusia.

Sehingga satu-satunya akses untuk bisa saling berinteraksi antar individu adalah dengan menggunakan smart phone. Saat ini media digital banyak di akses banyak kalangan seperti pelajar, instansi pemerintah, non pemerintah, pembisnis, petani, pedagang online dan juga media cetak online.

Namun, ada juga yang masih menggunakan ponsel pintar ini dengan tidak bijak. Salah satunya menyebar berita hoax, fitnah dan bullying di sosial media dengan menggunakan aplikasi seperti facebook, instagram, twitter, youtube, whatsapp dan media sosial lainnya dengan cara yang tidak bijak.

Padahal, mereka lupa bahwa setiap pelanggaran yang di lakukan di media sosial ada Undang-undang yang mengaturnya, seperti pasal tentang pencemaran nama baik yang diatur dalam pasal UU ITE No. 19 Tahun 2016, dengan ancaman pidana bagi yang melanggar Pasal 27 ayat (3). UU ITE ini diatur dalam Pasal 45 ayat (3) UU 19/2016, yang berbunyi setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

Jadi pengguna sosial media yang dengan sengaja mengakses data orang lain tanpa ijin, mengambil foto orang lain misalnya dengan tujuan untuk menghina atau mencemarkan nama baik seseorang dan atau menggunakan kata-kata kasar dan menghina seseorang di sosial media agar dilihat banyak orang, akan terkena pasal UU ITE diatas. Jadi bijaklah menggunakan ponsel pintar untuk hal-hal yang jauh lebih bermanfaat.

Berita ini 153 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Dihadapan Kader, AHY Tegas ‘Birukan Kembali Indonesia

Investigasi

Sambut HUT 106, Pimpinan Cabang Aisyiah Rantauprapat Berbagi Rezeki

Investigasi

Warga Terpapar Covid, Kapoldasu Bantu Alat Swab

Investigasi

Gerebek Bandar Narkoba, Anggota Polisi Kena Tikaman

Investigasi

Lebih dari 40 Jam, Nasib Frantiana Sari Belum Juga Diketahui

Investigasi

Sungai Calendu Meluap, 2 Daerah di Sulsel Dilanda Banjir

Investigasi

Tukang Rebus Ikan Tewas Ditikam OTK

Investigasi

Usai Pertemuan Bersama Kesbangpol, Ini Pernyataan ACT MRI Soppeng