Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:07 WIB

Kodim 0201 BS Jalin Kemitraan dengan Horas Bangso Batak

Pengurus HBB beraudiensi dengan Dandim 0201 BS Letkol Inf Agus Setiandar.

Pengurus HBB beraudiensi dengan Dandim 0201 BS Letkol Inf Agus Setiandar.

JURNAL NEWS, MEDAN – Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar menyatakan bahwa Komando Distrik Militer (Kodim) 0201/BS Medan mendukung dan siap menjalin kemitraan dengan organisasi masyarakat (ormas) Horas Bangso Batak (HBB) dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat  khususnya di Kota Medan.

“Saya senang sekali bisa bertemu dengan saudara-saudara, apalagi visi organisasi ini salah satunya untuk menjaga kondusifitas masyarakat. Orang Batak ini luar biasa, sepanjang saya berdinas di hampir seluruh daerah di Indonesia, saya selalu ketemu dengan orang Batak. Mereka sangat kompak,” kata Agus dihadapan pengurus HBB, di Markas Kodim 0201/BS, Jalan Pengadilan Medan, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: HUT RI, HBB Deli Serdang Gelar Kegiatan Sosial dan Hiburan

Disamping itu, Agus mengapresiasi organisasi yang didirikan kurang lebih dua tahun yang lalu ini. Menurut Agus, kehadiran ormas sangat penting untuk bersama-sama pemerintah menjaga kondusifitas di suatu daerah.

“Apalagi Medan ini karakter masyarakatnya cukup keras, tidak bisa hanya pemerintah yang berperan, partisipasi ormas dan tokoh masyarakat sangat penting,” kata pria  kelahiran Kabupaten Asahan ini.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lamsiang Sitompul, SH, MH mengatakan, kehadiran mereka untuk memperkenalkan HBB dan meminta arahan dari Dandim, apalagi dalam waktu dekat akan digelar Pilkada serentak 2020.

Baca juga: Usai Pelantikan, Satgas DPP HBB Bagikan Sembako

“Salah satu latar belakang organisasi ini dibentuk untuk bersama-sama dengan pemerintah menjaga negeri ini dari intoleransi. HBB sendiri berpusat di Medan, Sumatera Utara dan memiliki kepengurusan di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Lamsiang.

Lamsiang menambahkan pihaknya menyambut baik dan siap dilibatkan bila ada program Kodim 0201/BS Medan. Apalagi yang berkaitan dengan bela negara dalam rangka menjaga kondusifitas Kota Medan.

Sementara Sekretaris DPP HBB Luhut Situmorang, SH menambahkan, meski HBB identik dengan Batak, namun tetap terbuka bagi orang di luar etnis Batak yang ingin bergabung di organisasi ini.

Baca juga: Satgas HBB Sumut Resmi Dilantik

“Sumatera Utara ini multietnis, HBB siap menerima siapapun yang ingin bergabung sepanjang masih satu visi,” kata Luhut.

Selain Ketua Umum DPP HBB, turut hadir dalam audiensi antara lain, Wakil Ketua DPP HBB Thompson Parapat, SH Sekretaris DPP HBB Luhut Situmorang, SH.

Kemudian Penasehat Satgas DPD HBB Sumatra Utara Amrin Pasaribu, Sekretaris Satgas DPD HBB Sumatera Utara Humpu Simaremare, Ketua DPC HBB Kota Medan Budi Sinurat Amd, Sekretaris Boy Situmorang, Wakil Ketua DPC HBB Kota Medan Golden Sitanggang.

Baca juga: Melalui HBB, Bupati Taput Sumbang Gaji untuk Warga Terdampak Covid-19

Sementara pengurus HBB Deli Serdang antara lain, Ketua DPC HBB Deli Serdang Rames T Hutabarat, Wakil Ketua DPC HBB Deli Serdang Sudirman Marbun, Sekretaris DPC HBB Deli Serdang Hengki Boyke Nainggolan dan puluhan anggota HBB lainnya. (RDS/TIM)

Berita ini 2,270 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Selebritas Dorce Gamalama Meninggal Dunia

Investigasi

Hamka B Kady Resmikan Sarana Sanitasi di Takalar

Investigasi

178 Kepala Daerah Bakal Dilantik 26 Februari

Investigasi

Update Covid-19 Labuhanbatu: Sembuh 31 Orang, Meninggal 11 Orang

Investigasi

Waspada Covid-19, RSU Rantauprapat Siapkan Tenaga Medis dan Ruang Isolasi

Investigasi

Semarak HUT RI, Bupati Canangkan “Takalar Merdeka Sampah”

Investigasi

Perkara Dugaan Penipuan di Polsek Tallo Mengambang 3 Tahun dan Dihentikan

Investigasi

Suharso Deklarasi Jadi Ketua Umum PPP