Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Selasa, 26 Mei 2020 - 20:33 WIB

Pesta Pernikahan Sudah Bisa Digelar di Makassar

Ilustrasi pernikahan

Ilustrasi pernikahan

JURNAL NEWS, MAKASSAR – Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan resmi tak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berakhir pada 21 Mei 2020.

Kendati demikian, Pemkot Makassar juga memperbolehkan warganya untuk menggelar pesta pernikahan setelah PSBB dinyatakan berakhir.

Tidak hanya pesta pernikahan, hajatan lain seperti acara khitanan juga boleh kembali diselenggarakan. Namun, hajatan yang diselenggarakan masyarakat tetap diwajibkan untuk menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19 seperti physical distancing.

“Kalau ruangan dipakai kapasitasnya 100, bisa diatur hanya 50 orang lah. Bagaimanalah diatur sebaik-baiknya,” kata Pejabat Wali Kota Makassar Yusran Yusuf dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/5/2020) seperti dilansir dari kompas.com, yang dilihat jurnalnews.net pada Selasa (26/5).

“Pertimbangannya tidak melanjutkan PSBB karena kita telah melakukannya dua kali, dan itu merupakan bagian dari edukasi yang bagus kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan. Besok kita terbitkan Perwali baru pengganti Perwali PSBB,” ujar Yusran.

Selain itu Pemkot Makassar juga mengizinkan toko dan mal untuk kembali beroperasi. Hanya saja, bakal ada penegakan protokol kesehatan di mal dan toko.

Disamping itu, Dinas Pendidikan Makassar turut diminta untuk mempersiapkan proses belajar dan mengajar bisa berlangsung lagi di sekolah.

“Kita sudah rapat teknis dengan Dinas Pendidikan, sekolah-sekolah dibatasi jumlah siswa hanya 38 orang setiap kelasnya,” kata Yusran.

Meski demikian, Yusran tetap menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) baru. Dalam perwali tersebut, kata dia, tetap akan ada sanksi bagi pelanggar yang tak mengenakan masker di jalan. (FSL/RED)

Berita ini 79 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

Pakar: Kemenkes Tidak Berfungsi dalam Penanggulangan Covid-19

Investigasi

Pandemi Covid-19, Belajar Secara Online Hasil Tidak Maksimal

Investigasi

Suap Kontraktor Dibungkus Kardus hingga Amplop

Investigasi

Camat Galsel Pantau Vaksinasi di SMP 3

Investigasi

Pilkada 2020, Demokrat Sulsel Usung Suardi Saleh dan Kaswadi Razak

Investigasi

MTT Bersama ACT Sulsel Salurkan Paket Ramadhan untuk Guru Mengaji dan Honorer

Investigasi

Satu Manajer dan 2 Karyawan PT ISJ Pangkatan Isolasi Mandiri

Investigasi

KPUD dan Quick Count dalam Pilkada