Home / Investigasi / Nusantara / Pendidikan / Politik & Hukum

Jumat, 10 April 2020 - 14:21 WIB

Riset: Jus Jeruk Tangkal Corona

Ilustrasi Jus Jeruk

Ilustrasi Jus Jeruk

JURNAL NEWS, MAKASSAR – Hasil riset bersama dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) menyatakan bahwa mengonsumsi jus jeruk dengan kulitnya bisa membantu untuk menangkal virus corona baru (Covid-19). Terdapat senyawa yang terkandung dalam kulit jeruk yang bisa memberikan perlindungan tubuh terhadap mikroba dan virus.

Riset tersebut dilakukan oleh tim dari Fakultas Kedokteran UI, Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC) IPB, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IPB serta Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB. Riset tersebut berupa penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan Covid-19.

Guru Besar IPB sekaligus Kepala Trop BRC, Prof Irmanida Batubara, mengatakan, senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin, lanjut dia, disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus.

Dimanakah kita bisa mendapatkan senyawa ini?

“Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk. Jadi selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih,” tandas Irmanida dalam keterangan pers IPB, Jumat (27/3/2020).

Dia mengatakan, mengkonsumsi kulit jeruk memang akan terasa sedikit pahit.

“Tapi, tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, bagi yang kurang sanggup mengonsumsi dengan rasa pahit, bisa membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya.

Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi. Asalkan, jeruk dicuci hingga bersih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

“Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya,” ujarnya. FSL

Berita ini 295 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Investigasi

SMKN 1 Rantauprapat Buka PPDB Sistem Online

Investigasi

Sungai Aeknatas Meluap, Jalinsum Macet Dua Kilometer

Investigasi

Anggaran Penanganan Covid-19 di Sultra Dipertanyakan

Investigasi

Pemkab Takalar – Ditjen DJPb Teken MoU Pengelolaan Keuangan

Investigasi

Polres Labuhanbatu Salurkan Berbagai Jenis Sembako Kepada Masyarakat

Investigasi

OTT KPK, Istri Bupati Kutai Timur Diberhentikan dari Jabatan Ketua DPC PPP

Investigasi

Viral Bupati Labura Ditahan KPK, Kominfo: Tidak Benar, Bupati Melayat di Medan

Investigasi

Polres Sinjai Ringkus 2 Pengedar Sabu, 1 Diantaranya Wanita